.

.

Manfaat Shalat Tahajud Bagi Kesehatan

Manfaat Shalat Tahajud Bagi Kesehatan

Manfaat Shalat Tahajud Bagi Kesehatan - Shalat tahajud adalah shalat yang dikerjakan pada malam hari dan merupakan ibadah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah saw. Anjuran tersebut selain bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah  juga dapat mengusir penyakit yang ada dalam tubuh kita.

Menjaga Kesehatan dengan Shalat Tahajud
Rasulullah saw bersabda “Hendaklah kalian bangun malam, karena itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian. Wahana pendekatan diri kepada Allah SWT, penghapus dosa dan pengusir penyakit dalam tubuh (HR-at-Tirmizi)

Dari hadis tersebut jelas sekali bahwa dengan melaksanakan shalat tahajud dosa kita akan terhapus dan selain itu tubuh kitapun akan menjadi lebih sehat.

Allah juga berfirman dalam surat Al-Insan ayat 26:

 وَمِنَ الَّيْلِ فَاسْجُدْ لَهُ وَسَبِّحْهُ لَيْلًا طَوِيلًا

“Dan sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari.” 

Dari sisi logis, mungkin kita tidak mengerti bahwa perintah Allah itu mendatangkan kebaikan. Sesungguhnya shalat tahajud meneguhkan iman, jiwa, mental dalam menghadapi masalah duniawi. Kemudian dari sisi sains pengobatan, beberapa peneliti mengetakan bahwa udara bumi sekitar pukul 03:00 sampai terbit matahari adalah yang paling banyak mengandung oksigen segar di bandingkan waktu-waktu lainnya. Ini di karenakan oksigen yang turun langsung berasal dari atmosfer bumi, dan oksigen ini tidak akan datang lagi sampai matahari mulai menyinarinya.

 Pada saat kita mengangkat tangan waktu takbiratul ihram, maka rongga dada akan membesar dan secara tidak sadar kita akan menghirup udara kaya oksigen tersebut dalam jumlah yang banyak, dan pada saat kita ruku’ dan sujud aliran darah kaya oksigen tersebut akan di alirkan kebeberapa titik tumpuan antara lain tangan, kaki dan kepala. Ini baik untuk kesehatan otak dan menghindari stres yang berlebihan yang bisa menyebabkan penyakit lain.

Selain itu aliran darah yang mengangkut banyak oksigen ke otak akan mencerdaskan otak kita, ini sebagai suatu jawaban juga mengapa belajar pada saat subuh atau sepertiga malam sangat mudah di pahami. selain itu aliran darah yang kaya akan oksigen yang kemudian di alirkan pada tubuh bagian bawah akan menyehatkan sendi, mengobati rematik, menyehatkan pinggang serta tubuh bagian bawah lainnya.Temuan di atas menjawab sinyalemen yang mengatakan bahwa kebenarn agama mustahil dapat di buktikan secara ilmiah Maka marilah kita amalkan shalat thajud dengan tepat, ikhlas, dan khusyuk di setiap malam, semoga kita termasuk orang-orang yang mendapatkan keberkahan dari Allah SWT Aamiin. Wallahua'lam.


SUMBER UMDAH
Share on Google Plus

About admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. terimaksih admin atas infonya
    semoga era muslim aceh jaya selalu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. AMIN... TERIMAKASIH ATAS DOANYA
      SEMOGA BERMANFAAT INFONYA

      Hapus